Friday 20 October 2017



APA ITU PENYEBAB BANJIR?
Oleh: Ai Siti Rukoyah
Siswi Kelas VI SDN 2 Margacinta


Teman-teman pasti kalian pernah melihat banjir kan??? Iya tentu pernah melihat banjir.
Apakah kalian tahu apa itu banjir?
Banjir adalah air kotor yang berwarna coklat. Banjir biasanya terjadi pada musim hujan. Tetapi banjir dapat diakibatkan oleh kegiatan manusia. Banjir pula dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti: hujan yang sangat deras, membuang sampah sembarangan ke sungai, lahan gundul, kurangnya saluran air.
Hujan deras dengan waktu lama itu akan menyebabkan banjir.
Kalau membuang sampah sembarangan ke sungai itu dapat  menyebablan banjir. Contohnya kalau banyak orang yang membuang sampah ke sungai nanti sampah itu akan menumpuk dan aliran sungai terhambat d an air akan tidak jalan dan terjadilah banjir.
Kalau hutan kita lahannya gundul akan menyebabkan banjir. Karena disebabkan tidak adanya akar pepohonan. Akar pepohonan itu dapat menahan aliran air hujan. Tapi  kalau lahan gundul, air hujan akan cepat mengalir dan akan mengakibatkan banjir disekitar hutan gundul.
Tetapi banjir juga bisa disebabkan dengan kurangnya saluran air. Misalnya sat ini kebutuhan pemukiman sangat besar. Oleh karena itu, pembukaan lahan atau perubahan lahan pertanian menjadi pemukiman berlangsung dimana mana. Lahan yang seharusnya berfungsi sebagai penyerap air berubah menjadi pemukiman warga.
Sebagai besar pendirian pemukiman ini tidak di sertai dengan pembuatan saluran air yang baik. Akibatnya ketika hujan lebat datang, maka idak ada  saluran air. Menyebabkan banjir di pemukiman warga, di desa dan di kota.
Jadi kita jangan membuang sampah sembarangan kes sungai itu akan menyebabkan banjir dan kalau membuang sampah harus pada tempatnya.
Kalau lahan hutan kita gundul, kita harus menanam lahi pohon agar tidak menyebabkan banjir.

Sekian dari sayan terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment