Tuesday 24 October 2017



BENCANA  ALAM DAN DAMPAKNYA
Oleh: Mega Putri Alicia
Siswi Kelas VI SDN 2 Margacinta

Assalamu’alaikum wr.wb
Salam untuk s emua
Disini saya akan menjelaskan 3 perisiwa alam yang ada  di Indonesia beserta dampaknya.
1.     Banjir
Banjir hampir pernah terjadi disetiap daerah, yaitu Jakarta, Pangandaran, Bandung, dan lain-lain. Itu baru beberapa tempat. Sedangkan tempat yang pernah banjir di Indonesia masih sangat banyak. Banjir biasanya terjadi karena adanya penyumbatan saluran air, hujan deras, dan membuang sampah ke sungai. Untuk itu, kita harus bisa merawat lingkungan kita , karena kalau bukan kita siapa lagi? Kita harus memberi contoh pada orang lain, orang lain tidak akan sadar bahwa kita hidup di lingkungan hidup tapi kita sendiri tidak merawatnya tempat tinggal kita.
Dampak dari semua itu adalah ingkungan tercemar, banyak kuman dan umbuhan pun tidak subur
2.     Gunung meletus
Gunung yang dapat meletus yaitu gunung yang memiliki magma didalamnya dan juga diakibatkan magma yang mendesak keluar. Gunung meletus pernah terjadi di Kediri Jawa Timur, Tasikmalaya Jawa Bart, dan lain-lain.
Dampak dari semua itu adalah merusak lingkungan , abu halus dari letusan  gunung meletus dapat mengganggu pernapasan, pencemaran udara d an kekurangan makanan.
3.     Tsunami
Tsunami terjadi karena pergeseran lempenegan-lempengan bumi. Tsunami pernah terjadi di Aceh, Sumatera Utara. Tempat di Aceh yang tadinya perumahan sekarang sudah menjadi lautan karena tsunami.
Dampak dari tsunami sangat besar, yaitu makhluk hidup banyak yang mati, kekurangan makanan, tidak memiliki rumah, banyak orang yang tidak mampu.
Karena tsunami ini terjadi, maka dibuatlah Museum tsunami di  Aceh agar kita bisa tahu apa yang berhubungan dengan tsunami di Aceh.

Hanya itu yang bisa saya sampaikan, maaf bila ada salah kata atau kekurangan yang lain.
Terima kasih, saya Mega Putri Alicia.
Wassalam

0 komentar:

Post a Comment